Keadaan yang merugikan ini jelas-jelas mendorong manusia untuk membenci nyamuk yang akhirnya diwujudkan dengan aksi tegas yaitu menciptakan anti nyamuk.
Napza, diibaratkan seperti seekor nyamuk parasit bagi manusia. Kita tidak bisa membasmi seluruh nyamuk yang ada di dinia ini, begitu pula dengan napza. Sekali saja kita terjerumus napza, maka selamanya napza itu akan menempel di kehidupan kita. Napza akan mengendalikan seluruh kehidupan kita. Tentu akan sangat sulit ketika kita ingin melepaskan diri dari cengkraman mematikan napza. Banyak sekali saudara-saudara kita yang telah menjadi sasaran amukan dari napza.  Lantas, apakah kita hanya berdiam diri dan menunggu pertolongan dari pihak lain untuk mengatasi masalah tersebut?.
Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda untuk melawan serangan mematikan napza. Salah satunya yaitu sebagai generasi muda, kita bisa menyebarkan virus-virus anti napza kepada generasi kita dan bangsa kita. Namun sebelum itu, kita harus memulainya dari diri kita sendiri. Virus-virus anti napza tersebut kita tanamkan sedini mungkin didalam diri kita. Kita katakan kepada diri kita bahwa napza adalah musuh, bukan teman kita. Secara tidak sadar, kita akan membentuk satu sistem terpadu di dalam otak yang akan memerintahkan diri kita untuk selalu besikap anti terhadap napza. Setelah kita menerapkan sistem anti napza tersebut, kita juga perlu meng-update secara berkala agar sistem tersebut semakin lengakap dengan cara menggali pengetahuan sedalam-dalamnya tentang apapun yang berkaitan dengan napza seperti latar belakang mengapa orang mengonsumsi napza, risiko menggunakan napza, dan dampak negatif napza terhadap lingkungan,  Kita juga perlu meningkatkan rasa kepedulian terhadap generasi kita, generasi yang akan menentukan masa depan bangsa, Ketika kita sudah memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap nasib bangsa, maka secara otomatis kita juga turut ambil andil terhadap masa depan bangsa karena masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi bangsa itu sendiri. Sikap peduli harus diimbangi dengan tidakan nyata. Sebagai contoh, kita bisa menberikan contoh yang baik dalam menyalurkan energi muda kita yang cenderung lebih memiliki rasa keingintahuan yang tinggi kedalam kegiatan-kegiatan yang positif seperti bergabung dalam unit kegiatan mahasisa (UKM), berperan aktif dalam organisasi, dan berpartisipasi dalam lomba-lomba baik di tingkat nasional maupun internasional.
Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa Indonesia mari kita galakan gerakan anti napza, kita selamatkan generasi kita dari napza dan kita tunjukan kepada masyarakat dunia bahwa generasi muda Indonesia bebas dari napza.